Merasakan Shalat di Masjid Raya Al-Hidayah Porsea

sumber
PORSEA ONLINE -- Sholat Jumat sejatinya merupakan kewajiban bagi setiap pria Muslim. Kalau mampir ke Toba Samosir di Sumatera Utara, bisa mampir sholat di Masjid Raya.

Porsea adalah sebuah kota kecamatan kecil yang berada di Kabupaten Toba Samosir dan sama seperti daerah lain di Toba Samosir. Di Porsea, muslim termasuk golongan yang minoritas.

Namun jika dibandingkan dengan kecamatan lain di Toba Samosir, di Porsea jumlah muslimnya sedikit lebih banyak dan sedikit lebih mudah menjumpai masjid di sini. Salah satunya adalah Masjid Raya Al-Hidayah Porsea.

Masjid Raya Al-Hidayah Porsea bukanlah masjid tertua di Porsea karena masjid tertua di Porsea adalah Masjid Fiisabilillah yang berada di Desa Lumbun Huluan Lobu.

Sayangnya masjid yang diperkirakan telah berusia ratusan tahun tersebut telah dibakar oleh orang tidak dikenal pada tahun 2010 lalu hingga menyisakan puing-puing saja.

Masjid Raya Al-Hidayah Porsea sendiri adalah masjid terbesar di Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir. Masjid ini berada di Jalan Prof Dr Midian Sirait dan dibangun pada tahun 1964.

Bangunan masjidnya sederhana dengan arsitektur seperti masjid pada umumnya, tapi sangat nyaman digunakan sebagai tempat beribadah. Masjid ini juga dilengkapi dengan taman pendidikan islam.

Masjid Raya Al-Hidayah Porsea merupakan pusat keislaman di Kecamatan Porsea. Masjid ini biasanya sering digunakan sebagai tempat-tempat pengajian dan pengkajian islam.

Masjid ini juga selalu menjadi lokasi peringatan hari-hari besar Islam seperti Sholat Id, Kurban, dan lain sebagainya. Bahkan setiap malam Idul Fitri dan Idul Adha di sini selalu diadakan Festival Beduk.

Itulah sedikit cerita tentang Masjid Raya Al-Hidayah Porsea, masjid terbesar di Porsea. Meski berada di kawasan minoritas muslim, masjid ini sangat nyaman digunakan untuk beribadah. (sumber)

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © Porsea Online. Designed by OddThemes